Baru !!! Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditas Standar Isi.
Selamat datang di situs PNS Online, semoga bisa banyak memberikan kontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia.
Pada kesempatan ini, kami berbagi petunjuk teknis pengisian instrumen akreditas SMP/MTs. Berikut petunjuk teknis pengisiannya:
1. Standar Isi
Instrumen
1. Guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi sikap spiritual siswa sesuai dengan tingkat kompetensi.
A. 91%-100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap spiritual
B. 81%-90% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap spiritual
C. 71%-80% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap spiritual
D. 61%-70% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap spiritual
E. Kurang dari 61% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap spiritual
Petunjuk Teknis 1
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Kompetensi tersebut dapat dicapai melalui pembelajaran langsung dan tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah/madrasah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Hasil kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran yang memuat kompetensi sikap spiritual meliputi:
- Program tahunan dan program semester.
- Silabus
- RPP
- Buku yang digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran.
- Lembar tugas terstruktur dan kegiatan mandiri untuk siswa.
- Handout.
- Alat evaluasi dan buku nilai (Sikap spiritual siswa diamati dan dicatat wali kelas, guru BK, dan guru mata pelajaran)
Dibuktikan dengan dokumen:
- Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap spiritual pendidikan SMP/MTs untuk sikap spiritual.
- Hasil kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di MGMP tentang kompetensi sikap spiritual siswa/Penguatan Pendidikan Karakter siswa.
- Rancangan dan hasil penilaian sikap spiritual, berupa jurnal penilaian, dokumen observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman.
- Program kegiatan ekstrakurikuler berupa kegiatan Keagamaan, misalnya: pesantren kilat, ceramah keagamaan, baca tulis al-Quran, retreat, atau kegiatan lainnya.
- Wawancara dengan guru mata pelajaran tentang Perangkat pembelajaran guru yang memuat tentang pelaksanaan kompetensi sikap spiritual.
Instrumen
2. Guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi sikap sosial siswa sesuai dengan tingkat kompetensi
A. 91%-100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap sosial
B. 81%-90% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap sosial
C. 71%-80% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap sosial
D. 61%-70% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap sosial
E. Kurang dari 61% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi sikap sosial
Petunjuk Teknis 2
Rumusan kompetensi sikap sosial, yaitu menghayati dan mengamalkan perilaku: (a) jujur; (b) disiplin; (c) santun; (d) peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai); (e) bertanggung jawab; (f) responsif; dan (g) Proaktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional yang dapat dicapai melalui pembelajaran langsung dan tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah/madrasah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Hasil kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran meliputi:
- Program tahunan dan program semester.
- Silabus
- RPP
- Buku yang digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran.
- Lembar tugas terstruktur dan kegiatan mandiri
- Handout.
- Alat evaluasi dan buku nilai (Sikap sosial siswa diamati dan dicatat wali kelas, guru BK, dan guru mata pelajaran).
Dibuktikan dengan:
1. Dokumen:
- Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap sosial pendidikan SMP/MTs untuk sikap sosial.
- Hasil kegiatan telaah/analisis buku pedoman untuk guru dan buku siswa secara berkelompok tentang kompetensi sikap sosial siswa melalui kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di MGMP.
- Rancangan dan hasil penilaian sikap sosial, berupa jurnal penilaian, dokumen observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman.
- Program dan hasil kegiatan ekstrakurikuler berupa kegiatan Krida, misalnya: Kepramukaan, Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS), Palang Merah Remaja (PMR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), dan lainnya. Latihan olah-bakat latihan olah-minat, misalnya: pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya, pencinta alam, jurnalistik, teater, dan lain-lain.
2. Wawancara dengan guru mata pelajaran tentang perangkat pembelajaran guru yang memuat tentang pelaksanaan kompetensi sikap sosial.
Instrumen
3. Guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi pengetahuan siswa sesuai dengan tingkat kompetensi.
A. 91%-100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi pengetahuan
B. 81%-90% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi pengetahuan
C. 71%-80% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi pengetahuan
D. 61%-70% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi pengetahuan
E. Kurang dari 61% guru mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai tingkat kompetensi pengetahuan
Petunjuk Teknis 3
Kompetensi Inti pengetahuan yang harus dimiliki siswa SMP/MTs adalah memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang: (a) ilmu pengetahuan, (b) teknologi, (c) seni, (d) budaya, dan (e) humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Hasil kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran kompetensi pengetahuan meliputi:
- Program tahunan dan program semester.
- Silabus
- RPP
- Buku yang digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran.
- Lembar tugas terstruktur dan kegiatan mandiri
- Handout.
- Alat evaluasi dan buku nilai untuk kompetensi pengetahuan.
Dibuktikan dengan:
1. Dokumen:
- Perangkat pembelajaran guru yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi inti 3 (pengetahuan) dan kompetensi dasar.
- Hasil kegiatan analisis buku pedoman untuk guru dan buku siswa secara berkelompok tentang kompetensi pengetahuan melalui kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di MGMP.
- Program kegiatan ekstrakurikuler berupa Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian, dan lainnya. pencinta, teknologi informasi dan komunikasi, rekayasa, dan lainnya.
2. Wawancara dengan guru mata pelajaran tentang kompetensi inti pengetahuan dan kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran.
UNDUH JUGA:
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 1
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 2
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 3
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 4
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 5
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 6
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
- Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 1
- Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 2
- Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 1
- Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 2
- Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 1
- Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 2
PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
- Bank Soal PAS Tema 1
- Bank Soal PAS Tema 2
- Bank Soal PAS Tema 3
- Bank Soal PAS Tema 4
- Bank Soal PAS Tema 5
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA 087753184967
Pada kesempatan ini juga, kami berbagi gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 pelajaran agama dan umum tingkat pendidikan sebagai persiapan dalam menghadapi semester ganjil dan genap tahun pelajaran 2021/2022.
A. BUKU KERJA GURU 1
- Cover
- Halaman Pengesahan
- SKL, KI dan KD
- Silabus
- RPP
- KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
- Cover
- Halaman Pengesahan
- Kode Etik Guru
- Ikrar Guru
- Tata Tertib Guru
- Pembiasaan Guru
- Kalender Pendidikan
- Analisis Alokasi Waktu
- Program Tahunan
- Program Semester
- Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
- Cover
- Halaman Pengesahan
- Daftar Hadir Siswa
- Daftar Nilai Siswa
- Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
- Analisis Hasil Penilaian
- Program Remidial dan Pengayaan
- Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
- Jadwal Mengajar Guru
- Daya Serap Siswa
- Kumpulan Kisi-Kisi Soal
- Kumpulan Soal
- Analisis Butir Soal
- Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
- Cover
- Halaman Pengesahan
- Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
- Program Tindak Lanjut Kerja Guru
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA 087753184967
Demikian, semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan.
Post a Comment for "Baru !!! Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditas Standar Isi. "
Jangan nyepam ya!