Baru !!! 6 Prinsip Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah.
Selamat datang di situs PNS Online, semoga bisa banyak memberikan kontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia.
Pada kesempatan ini, kami berbagi 6 Prinsip Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah.
Didalam penilaian akreditas, pasti akan memerlukan prinsip-prinsip yang diterapkan dalam pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah. Lalu apa saja prinsip-prinsip tersebut?
- Prinsip objektif,
- Prinsip komprehensif,
- Prinsip adil,
- Prinsip transparan,
- Prinsip akuntabel
- Prinsip profesional.
Adapun keenam prinsip tersebut akan kami jelaskan sebagai berikut:
1. ObjektifAkreditasi sekolah/madrasah pada hakikatnya merupakan kegiatan penilaian tentang kelayakan penyelenggaraan pendidikan yang ditunjukkan oleh suatu sekolah/madrasah.
Dalam pelaksanaan penilaian ini berbagai aspek yang terkait dengan kelayakan itu diperiksa dengan jelas dan benar untuk memperoleh informasi tentang keberadaannya.
Agar hasil penilaian itu dapat menggambarkan kondisi yang sebenarnya untuk dibandingkan dengan kondisi yang diharapkan maka dalam prosesnya digunakan indikator-indikator sesuai dengan kriteria-kriteria yang ditetapkan.
2. KomprehensifDalam pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah, penilaian tidak hanya terbatas pada aspek-aspek tertentu saja tetapi juga meliputi berbagai aspek pendidikan yang bersifat menyeluruh, meliputi seluruh komponen dalam standar nasional pendidikan.
Dengan demikian, hasil yang diperoleh dapat menggambarkan secara utuh kondisi kelayakan setiap sekolah/madrasah.
3. AdilDalam melaksanakan akreditasi, semua sekolah/madrasah harus diperlakukan sama, tidak membedakan sekolah/ madrasah atas dasar kultur, keyakinan, sosial budaya, dan tidak memandang status sekolah/madrasah baik negeri ataupun swasta. Sekolah/madrasah dilayani sesuai dengan kriteria dan mekanisme kerja yang sama, secara adil dan tidak diskriminatif.
4. TransparanData dan informasi yang berkaitan dengan kegiatan akreditasi sekolah/madrasah seperti kriteria, mekanisme, jadwal, sistem penilaian, dan hasil akreditasi, disampaikan secara terbuka dan dapat diakses oleh siapa saja yang memerlukannya.
5. AkuntabelKegiatan akreditasi sekolah/madrasah harus dapat diper tanggungjawabkan baik dari sisi proses maupun Hasil penilaian atau keputusannya sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah ditetapkan.
6. ProfesionalAkreditasi sekolah/madrasah dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kompetensi dan integritas yang tinggi. Dengan demikian persiapan, pelaksanaan, dan Hasil akreditasi dilaksanakan sesuai pedoman yang telah ditetapkan.
UNDUH JUGA:
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 1
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 2
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 3
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 4
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 5
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 6
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
- Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 1
- Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 2
- Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 1
- Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 2
- Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 1
- Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 2
PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
- Bank Soal PAS Tema 1
- Bank Soal PAS Tema 2
- Bank Soal PAS Tema 3
- Bank Soal PAS Tema 4
- Bank Soal PAS Tema 5
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA 087763607527
Pada kesempatan ini juga, kami berbagi gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 pelajaran agama dan umum tingkat pendidikan sebagai persiapan dalam menghadapi semester ganjil dan genap tahun pelajaran 2021/2022.
A. BUKU KERJA GURU 1
- Cover
- Halaman Pengesahan
- SKL, KI dan KD
- Silabus
- RPP
- KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
- Cover
- Halaman Pengesahan
- Kode Etik Guru
- Ikrar Guru
- Tata Tertib Guru
- Pembiasaan Guru
- Kalender Pendidikan
- Analisis Alokasi Waktu
- Program Tahunan
- Program Semester
- Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
- Cover
- Halaman Pengesahan
- Daftar Hadir Siswa
- Daftar Nilai Siswa
- Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
- Analisis Hasil Penilaian
- Program Remidial dan Pengayaan
- Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
- Jadwal Mengajar Guru
- Daya Serap Siswa
- Kumpulan Kisi-Kisi Soal
- Kumpulan Soal
- Analisis Butir Soal
- Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
- Cover
- Halaman Pengesahan
- Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
- Program Tindak Lanjut Kerja Guru
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA 087763607527
Demikian, semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan.
Post a Comment for "Baru !!! 6 Prinsip Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah."
Jangan nyepam ya!