Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembahasan Chapter 9 What is it? Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013.

Selamat datang di situs PNS Online, semoga bisa banyak memberikan kontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Pada kesempatan ini kami berbagi Pembahasan Chapter 9 What is it? Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013.

Materi Chapter IX mata pelajaran Bahasa Inggris bagi siswa siswi SMP/MTs kelas 9 semester II ini mengenai teks Information Report. Materi ini diharapkan menjadi salah satu bahan referensi belajar bagi siswa maupun referensi mengajar bagi guru.
 
Tahukah kalian apakah itu teks information report? Teks information report merupakan teks yang memaparkan fakta umum tentang suatu objek secara obyektif. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjabarannya berikut ini.

a. Kompetensi Dasar:
3.9 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.9 Teks Information Report.
4.9.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks information report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas.

4.9.2 Menyusun teks information report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas IX, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

b. Materi Pokok:
Bab ini memuat materi pokok teks ilmiah faktual (information report), lisan dan tulis, tentang binatang, benda, dan gejala sosial.

Teks information report termasuk dalam jenis teks yang bertujuan memberikan informasi tentang fakta apa adanya secara objektif tentang suatu obyek, tanpa melibatkan pandangan subyektif penulis/pembicaranya. Objek biasanya dipaparkan dengan disebutkan jenisnya dan kemudian diuraikan deskripsi tentang karakteristiknya.

c. Contoh Materi: Pengertian Report Text, Struktur dan Contohnya.

A. Pengertian Report text

Report text adalah laporan yang berupa teks yang mana menyajikan informasi tentang sesuatu yang apa adanya atau sebenarnya dari hasil analisis atau penelitian sistematis. 

Teks ini pun termasuk didalam descriptive text yang fungsinya menjelaskan tentang sesuatu, baik itu makhluk hidup, fenomena yang umum maupun benda.

Jika di dalam teks deskriptif menggambarkan mengenai sesuatu dengan spesifik seperti nama, warna dan lain sebagainya. Report teks lebih ke menggambarkan suatu hal secara umum, misalnya fungsi, kekuatan, dan sifat-sifat umum lain yang ingin untuk dibicarakan.

B. Tujuan Report Text

Ada beberapa tujuan dari report text, berikut adalah tujuan-tujuan tersebut:
1. Memberikan berbagai macam informasi kepada pembaca mengenai suatu objek dari teks tersebut.

2. Memberikan informasi tentang suatu hal. Biasanya akan menggambarkan kelas-kelas benda, baik alam ataupun buatan. Misalnya seperti batu, mamalia, tanaman, planet, budaya, negara-negara, transportasi dan masih banyak lainnya.


C. Ciri-ciri Report Text

Sama seperti teks yang lain, teks laporan ini juga mempunyai beberapa ciri, yaitu antara lain:
1. Teks berisikan dengan berbagai macam fakta ilmiah
2. Judul teks lebih umum ataupun tidak detail
3. Menggunakan Simple Present Tense

D. Unsur Kebahasaan Report Text

Dalam teks information report pada umumnya terdapat beberapa unsur kebahasaan sebagai berikut:

1. Kata benda umum (General Noun)
General noun yakni kata yang merujuk pada suatu hal secara general atau umum. Contohnya tigers are wild (Harimau itu liar). Dari contoh kalimat tersebut yakni harimau yang dimaksud adalah harimau secara umum, tidak spesifik pada salah satu harimau tertentu.

2. Kata Kerja (Verb)
Kata kerja atau verb yang digunakan yakni verb yang dapat mendeskripsikan keadaan dan atau menggambarkan kepemilikan objek.

3. Simple Present Tense
Unsur kebahasaan yang ada dalam report menggunakan tenses simple present. Tenses ini digunakan untuk menyatakan suatu fakta atau kebenaran.

4. Menggunakan kata kerja yang ada kaitannya untuk menjelaskan mengenai objek. Misalnya seem. Taste. Look, maupun to be (am, is , are: present) dan yang lain-lainnya.

5. Penggunaan dari timeless present tense yang untuk mengindikasi kondisi biasa atau umum. Misal: always, often, usually.


E. Struktur Umum Report Text

Teks report mempunyai struktur umum, yaitu:

1. Title

detikers akan mengetahui apakah sebuah teks tersebut merupakan teks report atau bukan dari judulnya. Seperti yang disebutkan pada ciri-ciri teks report di atas, jika teks report biasanya judul teks tersebut tidak mendetail.

2. General Classification

Di bagian ini isinya adalah pernyataan umum yang mana memberikan keterangan atau informasi objek dari teks report tersebut.

3. Description

Di bagian ini biasanya akan menerangkan atau menjelaskan mengenai gambaran situasi atau kondisi atau fenomena yang terjadi. Baik dari bagian-bagian, kebiasaan sifat hingga tingkah laku. Intinya, bagian ini adalah menerangkan mengenai klasifikasi yang mana disajikan secara ilmiah.

E. Contoh Report

Judul: Buffalo
General Classification: Buffalo are big, strong, dark-coloured mammals with huge horns. African buffalo live in herds of several hundred – usually near water, as they love to wallow in mud. African buffalo have very bad tempers, so humans have never managed to tame them.

Description: Water buffalo are found in the wetter areas of Asia. Few are found in the wild now and they are mostly kept as farm animals. Water buffalo have been domesticated for 3.000 years. They are used to pull carts and ploughs, but they can be kept for their meat, milk, and hides. Only few survive in the wild Asia, but buffalo are released to run free in the swamps of the Northern Territory of Australia.

(Adapted from The Little Animal Encyclopedia, 2001, p. 26)

Kita akan melihat lebih dekat pada teks “Buffalo” dengan menggunakan table analisis di bawah ini:

TABEL 1.1. BUFFALO
MAIN IDEA
SpeciesBuffalo are big, strong, dark – coloured mammals with huge horns
DETAILED FACTS
Habitat1) Water buffalo are found in the wetter areas of Asia.
2) Few are found in the wild now
3) Only a few survive in the wild in Asia,
4) but buffalo are released to run free in the swamps of the Northern Territory of Australia.
Habits1) African buffalo live in herds of several hundred – usually near water,
2) as they love to wallow in mud
Physical characteristicsBuffalo are big, strong, dark – coloured mammals with huge horns
Emotional characteristics1) African buffalo have very bad tempers, so humans have never managed to tame them.
2) Water buffalo have been domesticated for 3.000 years.
Functions1) They are mostly kept as farm animals.
2) They are used to pull carts and ploughs,
3) But they can be kept for their meat, milk, and hides.
Referensi:
Buku Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas IX: Think Globally Act Locally

UNDUH JUGA:

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 1
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 2
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 3
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 4
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 5
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 6
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
  • Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 1 
  • Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 2 
  • Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 1 
  • Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 2 
  • Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 1 
  • Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 2 

PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
  • Bank Soal PAS Tema 1  
  • Bank Soal PAS Tema 2  
  • Bank Soal PAS Tema 3 
  • Bank Soal PAS Tema 4 
  • Bank Soal PAS Tema 5  
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360.

Pada kesempatan ini juga, kami berbagi gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 pelajaran agama dan umum tingkat pendidikan sebagai persiapan dalam menghadapi semester ganjil dan genap tahun pelajaran 2021/2022.
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360.

Demikian, semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan. 

Post a Comment for "Pembahasan Chapter 9 What is it? Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013."