Materi Bahasa Inggris Kelas 8 – Chapter X When I Was A Child.
Selamat datang di situs PNS Online, semoga bisa banyak memberikan kontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia.
Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Inggris Kelas 8 – Chapter X When I Was A Child.
Postingan kali ini akan membahas materi tentang Simple Past Tense. Materi ini diharapkan menjadi salah satu bahan referensi belajar bagi siswa maupun referensi mengajar bagi guru.
Simple Past Tense?
Jika kita melihat dari judul pada bab ini maka kita akan mengetahui jika tenses ini kita gunakan untuk menceritakan kejadian pada masa lalu. Dalam bab ini akan mengajarkan kita cara menyatakan keadaan, kegiatan, dan kejadian dalam waktu lampau dengan bentuk simple past tense.
Terdapat dua hal yang perlu diketahui, Pertama unsur verba dalam kalimat bukan hanya terdiri dari satu kata, tetapi minimal dua kata (finite + predikat). Kedua dalam bentuk positif unsur finite dan predikat tersebut ‘menyatu’ dalam bentuk ‘preterite’ (bentuk kata kerja masa lalu) atau biasa kita kenal dengan ‘past’.
Contohnya seperti did go menjadi went, did write menjadi wrote, dan sebagainya. Tetapi ketika dalam bentuk negative serta pertanyaan, tetap menggunakan bentuk finite + predikat.
Untuk lebih jelasnya mari kita simak pengertian, penggunaan, dan pola kalimat dari simple past tense dibawah ini.
A. Pengertian Simple Past Tense
Simple past tense adalah salah satu bentuk tenses yang memiliki kegunaan untuk mendeskripsikan bahwa suatu kejadian atau peristiwa terjadi dimasa lampau. Misalnya yesterday, last week, in 1945, days ago, dan lain sebagainya.
B. Penggunaan Simple Past Tense
Simple past tense digunakan untuk menceritakan suatu kejadian pada masa lampau dan biasanya digunakan juga ketika kita ingin menceritakan fakta sejarah. Selain itu, tenses ini juga digunakan untuk mendeskripsikan beberapa pekerjaan atau kegiatan diwaktu lampau yang terjadi secara beruntun.
C. Rumus Simple Past Tense
Terdapat tiga pola kalimat dalam tenses ini yakni pola kalimat positif, negative, dan interogatif. Berikut rumus dari masing-masing pola.
Pola Kalimat Positif
Subject + Verb 2 ATAU Subject + was/were
Contoh :
When I was a baby, my parents and my elder brother took care of me
(Ketika saya masih bayi, orang tua saya dan kakak laki-laki saya merawat saya)
I slept in a baby cot in my parents bedroom
(Saya tidur di ranjang bayi di kamar orang tua saya)
My mum breastfed me for two years
(Ibu saya menyusui saya hingga dua tahun)
We took a rest under the trees when we were tired
(Kami beristirahat di bawah pohon ketika kami lelah)
Pola Kalimat Negatif
Subject + did + not + Verb 1 ATAU Subject + was/were + not
Contoh :
I didn’t like Match because the teacher did not explain it clearly. But now it is my favourite subject.
(Saya tidak menyukai Matematika karena guru tidak menjelaskannya dengan jelas. Tetapi sekarang ini adalah pelajaran favoritku)
We were not close friends at that time
(Kami bukan teman dekat saat itu)
We did not study together
(Kami tidak belajar bersama)
Pola Kalimat Introgatif
Did + Subject + Verb 1 ATAU Was/were + Subject
Contoh :
Did you play marbles? Yes, I did / No, I did not
(Apakah kamu bermain kelereng? Ya, saya bermain / Tidak, saya tidak bermain)
Did she like Match in primary school?
(Apakah dia menyukai Matematika di sekolah dasar?)
Was he a teacher?
(Apakah dahulu dia seorang guru?)
Keterangan:
Pada pola kalimat positif, be “Was” digunakan untuk subject tunggal kecuali You. Subject tunggal yang menggunakan be “was” yakini seperti I, She, He, It, nama orang misal Tom, dan nama hewan misal the dog.
Sedangkan be “Were” digunakan untuk subject lebih dari satu yakni You, They, We, nama orang lebih dari satu seperti Tom and Jarry, dan nama hewan lebih dari satu seperti the dogs.
Berikut dibawah ini adalah beberapa daftar kata kerja yang bisa studenta pelajari. Khusus untuk materi pada chapter ini, studenta perhatikan kata kerja yang PAST. Sebab bagian tersebut yang kita gunakan pada pola kalimat simple past tense.
TO- | PRESENT | PAST | -ING |
---|---|---|---|
To be | Is | Was | Being |
To be | Am | Was | Being |
To be | Are | Were | Being |
To have | Have | Had | Having |
To study | Study | Studied | Studying |
Did … study | |||
To play | Play | Played | Playing |
To cry | Cry | Cried | Crying |
To carry | Carry | Carried | Carrying |
To collect | Collect | Collected | Collecting |
Do … collect | |||
To give | Give | Gave | Giving |
To go | Go | Went | Going |
To look | Look | Looked | Looking |
To play | Play | Did … play | Playing |
To do | Do | Did | Doing |
Did … do | |||
To lose | Lose | Lost | Losing |
To like | Like | Liked | Liking |
Did … like | |||
To explain | Explain(s) | Explained | Explaining |
Did … explain | |||
To catch | Catch | Caught | Catching |
To walk | Walk | Walked | Walking |
To rain | Rain | Rained | Raining |
To eat | Eat | Ate | Eating |
To have | Have | Had | Having |
Did … have | |||
To wake | Wake | Woke | Waking |
To go | Go | Went | Going |
To do | Do | Did | Doing |
To know | Know | Knew | Knowing |
To come | Come | Came | Coming |
To get | Get | Got | Getting |
To attend | Attend | Attended | Attending |
To take | Take | Took | Taking |
To cook | Cook | Cooked | Cooking |
To fry | Fry | Fried | Frying |
To lose | Lose | Lost | Losing |
To find | Find | Found | Finding |
UNDUH JUGA:
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 1
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 2
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 3
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 4
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 5
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 6
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 1 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 1 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 2 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 2 Tipe B
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 3 Tipe A
- Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 3 Tipe B
PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
- Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 1
- Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 2
- Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 1
- Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 2
- Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 1
- Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 2
PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
- Bank Soal PAS Tema 1
- Bank Soal PAS Tema 2
- Bank Soal PAS Tema 3
- Bank Soal PAS Tema 4
- Bank Soal PAS Tema 5
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360.
Pada kesempatan ini juga, kami berbagi gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 pelajaran agama dan umum tingkat pendidikan sebagai persiapan dalam menghadapi semester ganjil dan genap tahun pelajaran 2021/2022.
A. BUKU KERJA GURU 1
- Cover
- Halaman Pengesahan
- SKL, KI dan KD
- Silabus
- RPP
- KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
- Cover
- Halaman Pengesahan
- Kode Etik Guru
- Ikrar Guru
- Tata Tertib Guru
- Pembiasaan Guru
- Kalender Pendidikan
- Analisis Alokasi Waktu
- Program Tahunan
- Program Semester
- Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
- Cover
- Halaman Pengesahan
- Daftar Hadir Siswa
- Daftar Nilai Siswa
- Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
- Analisis Hasil Penilaian
- Program Remidial dan Pengayaan
- Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
- Jadwal Mengajar Guru
- Daya Serap Siswa
- Kumpulan Kisi-Kisi Soal
- Kumpulan Soal
- Analisis Butir Soal
- Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
- Cover
- Halaman Pengesahan
- Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
- Program Tindak Lanjut Kerja Guru
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360.
Demikian, semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan.
Post a Comment for "Materi Bahasa Inggris Kelas 8 – Chapter X When I Was A Child."
Jangan nyepam ya!