Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Bahasa Inggris Kelas 7 – Chapter VII I’m proud of Indonesia.

Selamat datang di situs PNS Online, semoga bisa banyak memberikan kontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Inggris Kelas 7 – Chapter VII I’m proud of Indonesia.

Postingan kali ini kita akan membahas materi kelas 7-chapter VII berkaitan dengan Descriptive Text. Teks deskriptif bukan hanya ada dalam Bahasa Indonesia namun juga dipelajari dalam Bahasa Inggris.

Materi ini diharapkan menjadi salah satu bahan referensi belajar bagi siswa SMP/MTs kelas 7 maupun referensi mengajar bagi guru.

Descriptive Text

A. Pengertian Descriptive text

Descriptive text adalah teks yang menerangkang tentang orang, tempat, binatang, atau benda tertentu secara terperinci/spesifik.

B. Generic Structure (Struktur Teks Descriptive)

Ada dua unsur yang membentuk struktur teks deskriptif, yaitu:

1. Identification (Identifikasi)
Dalam point ini berisi tentang identifikasi suatu hal yang akan menjadi objek (tempat, orang, hewan, benda tertentu) yang dijelaskan / dideskripsikan.

2. Description (Deskripsi)
Point ini berisi tentang penjelasan atau deskripsi rinci / spesifik tentang objek yang dijelaskan yakni meliputi: bagian, kualitas, dan ciri-cirinya / karakteristik.

C. Ciri-ciri Kebahasaan

Descriptive text memiliki tiga ciri-ciri kebahasaan, yaitu:
  1. Ciri kebahasaan yang pertama yakni menjelaskan suatu hal yang spesifik/khusus
  2. Kedua yakni menggunakan tenses Simple present
  3. Terakhir descriptive text menggunakan kata kerja attributive seperti has/have dan identifying seperti is, are.

Berikut ini beberapa contoh descriptive text.

Mendeskripsikan benda:

Tom : “Do you see my notebook? I put it on my desk, but it is not there now.”
Jerry : “What does it look like?”
Tom : “Does it have a pink ribbon separator? This one?
Jerry : “No. the ribbon is white. There’s a sticker on the cover. It’s shiny, white, round with a picture of an orang-utan.”
Tom : “It must be the one over there, on the teacher’s desk.”
Jerry : “Yes, you’re right. Thank you.”

Mendeskripsikan seseorang:

Anna : “Hallo. I’m in the bus terminal now, but I still can’t find Miss Smith. What is she like?”
Rena : “She’s tall. She’s got a fair skin.”
Anna : “Many people are tall and have a fair skin here. Is she wearing jeans?
Rena : “No. She’s wearing a uniform, black pants and a blue shirt with long sleeves.”
Anna : “I see three people wearing the same uniform.”
Rena : “She’s a bit fat and chubby. She’s wearing a black hat.”
Anna : “Oh ya. I see her now. She’s walking toward me. She’s carrying a back pack, isn’t she?”
Renna : “I think so. Okay, see you later.”


C. Contoh 

I’m proud of Indonesia

A. Identification
Indonesia is a big country. It is between two continents, Asia and Australia, and between two oceans, the Pacific Ocean and the Indian ocean. It is the largest archipelago in the world. There are more than 17 thousand islands in Indonesia.

B. Description
There are many seas in Indonesia, the Java Sea, the Bali Sea, the Arafuru Sea, the Banda Sea, the Timor Sea, and many others. We also have many straits, like the Sunda Strait, between Java and Sumatra, the Bali Strait between Bali and Lombok, and many others.We have a lot of islands. The big ones are Papua, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, and Java. Of the five islands, Java is the smallest, but it is the most populated one. We can find people from around Indonesia.Indonesia also has many mountains. Many of them are still active and can erupt any time. We call them volcanoes, like Sinabung and Merapi in Sumatra, Merapi in Java, and Lokon in South Sulawesi. When they erupt, they bring out very hot lava from inside the earth.

Indonesia is on the equator. It is a tropical country. The sun shines brightly every day, so it is mostly hot. It has two seasons, the rainy season, and the dry season.

Dari contoh di atas, dapat kita lihat bahwa identification berada pada paragraph pertama karena berisi tentang identifikasi negara Indonesia sebagai objek yang akan di deskripsikan. Kemudian pada paragraph kedua dan seterusnya merupakan description yang memuat penejelasan dari negara Indonesia itu sendiri.

Demikian materi pada chapter ini. Studenta bias mendeskripsikan benda lain, orang, maupun tempat studenta berasal. Sehingga tidak hanya belajar mendeskripsikan sesuatu, tetapi juga sembari mengasah writing studenta semua.


UNDUH JUGA:

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 1
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 2
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 3
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 4
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 5
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 6
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
  • Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 1 
  • Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 2 
  • Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 1 
  • Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 2 
  • Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 1 
  • Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 2 

PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
  • Bank Soal PAS Tema 1  
  • Bank Soal PAS Tema 2  
  • Bank Soal PAS Tema 3 
  • Bank Soal PAS Tema 4 
  • Bank Soal PAS Tema 5  
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360.

Pada kesempatan ini juga, kami berbagi gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 pelajaran agama dan umum tingkat pendidikan sebagai persiapan dalam menghadapi semester ganjil dan genap tahun pelajaran 2021/2022.
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360.

Demikian, semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan. 

Post a Comment for "Materi Bahasa Inggris Kelas 7 – Chapter VII I’m proud of Indonesia."