Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Bahasa Indonesia kelas 7 - Bab 6 Mengapresiasi dan Mengkreasikan Fabel.

Selamat datang di situs PNS Online, semoga bisa banyak memberikan kontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia kelas 7 - Bab 6 Mengapresiasi dan Mengkreasikan Fabel.

Berikut ini penjelasan Bab 6 Mengapresiasi dan Mengkreasikan Fabel.

A. Mengenali Ciri Fabel

Fabel merupakan cerita tentang kehidupan binatang yang berperilaku menyerupai manusia.

Teks cerita fabel tidak hanya mengisahkan kehidupan binatang, tetapi juga mengisahkan kehidupan

manusia dengan segala karakternya. Fabel sering juga disebut cerita moral karena pesan yang ada di dalam cerita fabel berkaitan erat dengan moral.

Ciri-ciri umum fabel:

a) Fabel mengambil tokoh para binatang.

b) Watak tokoh para binatang digambarkan ada yang baik dan ada yang buruk (seperti watak manusia).

c) Tokoh para binatang bisa berbicara seperti manusia.

d) Cerita memiliki rangkaian peristiwa yang menunjukkan kejadian sebab-akibat.

e) Fabel menggunakan latar alam (hutan, sungai, kolam, dll).

Ciri bahasa yang digunakan:

(a) kalimat naratif/peristiwa

(b) kalimat langsung yang berupa dialog para tokoh

(c) menggunakan kata sehari-hari dalam situasi tidak formal (bahasa percakapan).


B. Menceritakan Kembali Isi Fabel

Pada saat menceritakan kembali isi fabel yang perlu dilakukan adalah:
  1. Menentukan Tokoh dan Watak Tokoh
  2. Menentukan Rangkaian Peristiwa
  3. Menceritakan Kembali Isi Fabel
  4. Menelaah Struktur dan Bahasa Fabel

Fabel ini memiliki empat bagian dalam strukturnya yaitu:

a. Orientasi, bagian awal dari suatu cerita yang berisi pengenalan tokoh, latar tempat, dan waktu.

b. Komplikasi, konflik atau permasalahan antara satu dengan tokoh yang lain.

c. Resolusi, bagian yang berisi pemecahan masalah.

d. Koda, bagian terakhir fabel yang berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut.


C. Memerankan Isi Fabel

Di dalam memerankan isi fable yang harus diperhatikan adalah:
  1. Merancang tokoh, watak, dialog, latar sesuai isi fabel yang dibaca.
  2. Menentukan urutan cerita.
  3. Merancang pemeranan dari fabel yang dibaca.
  4. Melakukan adu kreatif pemeranan fabel.

D. Contoh Fabel

CERITA SNOW WHITE
(Orientasi)

Suatu ketika, hiduplah seorang gadis bernama Snow White. Dia tinggal bersama paman dan bibinya, karena orang tuanya telah meninggal.

(Komplikasi)
Suatu hari dia mendengar paman dan bibinya berbicara tentang rencana meninggalkan istana karena mereka berdua ingin pergi ke Ameria dan mereka tidak mempunyai cukup uang untuk membawa serta Snow White.

Snow White tidak ingin paman dan bibinya melakukan hal tersebut, sehingga dia memutuskan akan lebih baik jika dia pergi. Pagi harinya dia pergi dari rumah ketika paman dan bibinya sedang sarapan. Dia lari ke dalam hutan.

(Resolusi)
Kemudian dia melihat gubuk kecil. Dia mengetuk pintu tetapi tidak ada yang menjawab sehingga dia masuk dan merasa ngantuk.

Sementara itu, tujuh kurcaci telah pulang dari pekerjaannya. Mereka masuk, di sana mereka menemukan Snow White tertidur. Kemudian Snow White terbangun. Dia melihat kurcaci tersebut. Kurcaci tersebut berkata “Siapa nama kamu? “Snow White menjawab, “Nama saya Snow White.”

Kasuari dan Dara Mahkota
Dahulu kala burung kasuari tidak seperti yang kita kenal saat ini. Dia memiliki sayap yang lebar dan kuat sehingga ia bisa mencari makan di atas pohon yang tinggi tapi juga bisa dengan mudah mencari makan di atas tanah.

Kelebihannya ini membuat Kasuari menjadi burung yang sombong. Dia sering berbuat curang saat berebut makanan dan tidak peduli jika teman-temannya yang lain kelaparan gara-gara dia. Sayapnya yang lebar biasa dia gunakan untuk menyembunyikan buah-buahan ranum di atas pohon, sehingga burung-burung lainnya tidak bisa melihatnya.

Atau dengan sengaja dia menjatuhkan buah-buahan ranum itu ke tanah sehingga Cuma ia sendiri yang bisa menikmatinya. “Biar saja!” pikirnya, “Salah sendiri kenapa mereka punya sayap yang pendek dan badan yang kecil. Siapa cepat dia yang dapat.”

Tentu saja kesombongannya tidak disukai burung-burung lainnya. Mereka menganggap Kasuari sudah keterlaluan dan keangkuhannya harus segera dihentikan. Akhirnya para burung berkumpul untuk membahas masalah ini.

Setelah berbagai cara diajukan akhirnya mereka sepakat untuk mengadakan perlombaan terbang. Namun ternyata sulit menemukan lawan yang sebanding dengan Kasuari.

Tiba-tiba burung Dara Mahkota mengajukan diri untuk bertanding terbang dengan Kasuari. Meskipun banyak yang meragukan kemampuannya karena Dara Mahkota hanyalah burung kecil, tapi Dara Mahkota meyakinkan mereka bahwa dia mampu.

Mereka lalu mengirimkan tantangan tersebut kepada Kasuari. Kasuari yang sangat yakin dengan kemampuannya langsung menyanggupi tantangan tersebut tanpa repot-repot bertanya siapa lawannya.

“Pertandingannya akan diadakan minggu depan dan akan disaksikan semua warga burung!” kata burung pipit. “Yang bisa terbang paling jauh dan lama yang menang.”

“Ya ampun…kalo begitu pasti aku yang menang. Di hutan ini tidak ada yang memiliki sayap selebar dan sekuat punyaku. Jadi pasti aku yang menang,” kata Kasuari pongah. “Tapi baiklah aku terima tantangannya, lumayan buat olahrga!”

Burung pipit sebal mendengar jawaban Kasuari, tapi dia tahan emosinya. “Tapi ada ketentuannya. Sebelum bertanding, peserta boleh saling mematahkan sayap lawannya,” kata pipit. Kasuari pun menyetujuinya tanpa ragu-ragu.

Seminggu kemudian, warga burung berkumpul untuk menyaksikan pertandingan terbang tersebut. Meski tidak terlalu yakin, mereka semua berharap Dara Mahkota akan memenangkan pertandingan tersebut.

Diam-diam Dara Mahkota menyisipkan sebilah ranting di balik sayapnya. Kasuari yang baru mengetahui lawannya tertawa terbahak-bahak, “ini lawanku?” katanya sambil tertawa, “mimpi kali kamu ye…? Hei…burung kecil, sayapmu pendek mana bisa menang melawanku!”.

Burng-burung kecil lainnya sebal menyaksikan tingkah Kasuari sementara Dara Mahkota hanya tersenyum menanggapinya.

Kini mereka siap bertanding. Kasuari maju untuk mematahkan sayap Dara Mahkota. KREK! Terdengar bunyi sayap patah. Dara Mahkota pura-pura menjerit kesakitan. Padahal sebenarnya bunyi tadi berasal dari ranting kering di bawah sayap Dara Mahkota yang patah.

Kini giliran Dara Mahkota yang akan mematahkan sayap Kasuari. Dengan sekuat tenaga dia menekuk sayap Kasuari hingga terdengar bunyi KREKK yang keras. Kasuari menjerit kesakitan. Sayap Kasuari yang patah tergantung lemas. Tapi Kasuari yang sombong tetap yakin dirinya akan menang.

Sekarang mereka sudah siap untuk bertanding. Ketika aba-aba dibunyikan, Dara Mahkota dengan ringan melesat ke udara. Sayapnya mengepak dengan mudah membawa tubuhnya yang mungil terbang ke angkasa.

Kasuari terkejut dan heran karena tadi dia mengira sayap Dara Mahkota telah patah. Dengan panik dia mencoba mengepakan sayapnya dan mencoba mengangkat tubuhnya ke atas. Tapi bukannya terbang tinggi, tubuhnya malah meluncur ke bawah dan jatuh berdebum di tanah.

Semua burung bersorak senang sementara Kasuari terkulai lemas. Dengan perasaan malu dia meninggalkan tempat itu. Sejak saat itu Kasuari tidak pernah bisa terbang. Sayapnya yang dulu lebar dan kuat kini memendek karena sudah patah. Kini meski dia disebut burung namun dia hanya bisa berjalan dan mencari makan di tanah seperti binatang lain yang tidak memiliki sayap.


UNDUH JUGA:

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 1
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 1 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 2
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 2 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 3
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 3 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 4
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 4 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 5
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 5 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN HARIAN (PH) TEMA 6
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 1 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 1 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 2 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 2 Tipe B 
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 3 Tipe A 
  • Bank Soal PH Tema 6 Sub Tema 3 Tipe B 

PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
  • Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 1 
  • Bank Soal PTS Tema 1 Sesi 2 
  • Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 1 
  • Bank Soal PTS Tema 2 Sesi 2 
  • Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 1 
  • Bank Soal PTS Tema 3 Sesi 2 

PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
  • Bank Soal PAS Tema 1  
  • Bank Soal PAS Tema 2  
  • Bank Soal PAS Tema 3 
  • Bank Soal PAS Tema 4 
  • Bank Soal PAS Tema 5  
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA 087753184967

Pada kesempatan ini juga, kami berbagi gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 pelajaran agama dan umum tingkat pendidikan sebagai persiapan dalam menghadapi semester ganjil dan genap tahun pelajaran 2021/2022.
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA 087753184967

Demikian, semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan.  

Post a Comment for "Materi Bahasa Indonesia kelas 7 - Bab 6 Mengapresiasi dan Mengkreasikan Fabel."